Sabtu, 14 Juli 2012

Bahasa Gaul Jaman Sekarang


Anak muda jaman sekarang emang kreatif kreatif..

Gimana enggak?bahasa aja bisa diplesetin. Bahkan tiap daerah,even,tiap sekolah punya bahasa gaulnya sendiri-sendiri!
Ga tw deh klo skarang bisa dbikin kamus,bisa abiz berapa halaman tu kamus.:O

Bahasa gaul sendiri sebenarnya udah ada dari jaman baheula,sejak tahun 70an.
Tapi,paz waktu itu,bahasa gaul cuma dipake ama preman-preman buat istilahnya sebagai "sandi" mereka buat berkomunikasi.Jadi waktu itu,ya cuma mereka-mereka yang ngerti.~~
But,karena semakin dipopulerkan oleh media n dari mulut ke mulut,bahasa gaul makin bervariasi n digunakan berbagai kalangan.Mulai dari anak kecil sampe orang tua,dari yang melarat sampe yang konglomerat,dari orang biasa sampe pejabat,kaya'a ngerti bahasa gaul ini.

Nah,disini gw mencoba buat menjelaskan "keragaman" bahasa gaul tersebut.
(setelah browsing-browsing n survey-survey bersama temen-temen.:p )
So,hargai jerih payah saya yang sampai titik darah penghabisan ini dengan membaca dan memberi komentar..
OKEH..!! ;) 

A. Bahasa Gaul Umum
Bahasa ini ga ad rumus pastinya.Tapi satu hal yang pasti,bahasa gaul jenis ini bersumber dari plesetan-plesetan bahasa kita sehari-hari atw ada yang istilahnya "bikin sendiri".
Langsung aja deh..;)


Ajib : enak;menunjukka kekaguman akan sesuatu
Alay : singkatan dari anak layangan;orang-orang yang bergaya norak/kampungan.
Asoy : hampir sama dengan ajib;menunjukkan kenyamanan akan sesuatu
Bencong : orang yang berkelakuan kaya lawan jenisnya.
Belah Duren : malam pertama (yang dibawah umur,dilarang ngerti.:p )
Bete/BT : boring total;menunjukkan kebosanan
Bispak : kepanjangan dari bisa dipakai;PSK
Bokap : (bukan bokep loh) bahasa gaul "resmi" buat ayah/bapak
Bokep : porno
Boker : buang air besar
Bokis : bohong
Bonyok : gabungan dari kata bokap n nyokap
Brondong : orang yang lebih muda;bronis=brondong manis.:p
Capcus : pergi atau cabut
Cemen : lemah;digunakan buat mengejek
Ciamik : bagus;hebat
Cileduk : cinta lewat dukun ( menginspirasi peribahasa "cinta ditolak,dukun bertindak)
Cingcay lah : lumayan
Cinlok : cinta lokasi;istilah tipi buat pemain/artis yang pacaran ama lawan mainnya.
Cumi : (terinspirasi dari iklan IM3).bisa kepanjangan dari berbagai hal,tergantung situasi.misal : cuma mirip,cuma minjem,cuma miss call
Cupu : sama kaya cemen;digunakan buat mengejek
Dokat : duit (ga tw bahasa darimana.:p )
EGP : Emang Gue Pikirin;masa bodoh
Ember : Emang Bener;Iya;Setuju (dipopulerkan oleh kaum banci sepertinya.~~)
Gaptek : gagap teknologi
Garing : ngga menarik;membosankan
Gazebo/gajebo/GJ : ngga jelas;menggambarkan kelakuan yang ga ada maknanya.~~
Gebetan : orang yang sedang didekati/PDKT
Giting : gila sinting;artinya sekarang bermutasi menjadi orang yang minum-minuman keras.:p
Gue/Gw/W/ : bahasa gaul resmi untuk "Aku" atau "Saya"
Ijo Lumut : Ikatan Jomblo Lucu-lucu n Imut-imut.
Imut : Item mutlak (jangan ke-geer-an kalo ada yang manggil kaya gini)
Jablay : PSK;sama kaya bispak
Jadul : Jaman dulu
Jaim : Jaga image;orang yang berusaha buat mnjaga perilakunya.
Jayus : ga lucu;hampir sama kaya garing
Jutek : sikap yang sombong
Kamsut : maksud
Kongkow : ngumpul
Kudet : kurang update
Kuper : kurang pergaulan
Lebay : berlebihan
Lelet : lambat
Lemot : lemah otak
Lenje : sikap yang lemah lembut(biasa dipake buat ngejek cowo yang kaya banci)
Lilo : lila loading (kelamaan mikir)
Lo/Lw/u/Loe : bahasa gaul resmi bwt kata "kamu"
Lonte : PSK
Meneketehe : mana saya tau?
Mokad : mati;meninggal
Narsiz : berkelakuan kaya yang paling ganteng/paling cantik sendiri.
Ngelonjor : ngelamun jorok
Nyokap : bahasa gaul resmi bwt kata "Ibu"
OL : online
PDA : plis dong ah.!
Pewe : posisi wenak..
Piktor : Pikiran Kotor
Prikitiw : dipake buat godain seseorang;dipopulerkan oleh Sule OVJ.
Rempong : Sibuk
Rolek : resiko orang jelek (tragis)
Romantis : rokok makan gratis (pengangguran)
Selon : tenang aja..
Semok : berasal dari bahasa jawa,artinya montok(mank'a ayam)
Skul/kul/ker : Sekolah
SMS : Suka Sama Suka
Sotoy : Sok tau
Spokat : Sepatu
Tajir : Kaya(banyak duit.Bukan kaya yang lain.)
Titi DJ : hati hati di jalan (bahasa gaul jadul kayanya)
Tomingse : tolong mingkem sedikit
Yoi : Iya;Oke;Setuju
Yoman : Iya;Oke;Setuju;terinspirasi dari bahasa reggae

0 komentar:

Poskan Komentar

Sabtu, 14 Juli 2012

Bahasa Gaul Jaman Sekarang


Anak muda jaman sekarang emang kreatif kreatif..

Gimana enggak?bahasa aja bisa diplesetin. Bahkan tiap daerah,even,tiap sekolah punya bahasa gaulnya sendiri-sendiri!
Ga tw deh klo skarang bisa dbikin kamus,bisa abiz berapa halaman tu kamus.:O

Bahasa gaul sendiri sebenarnya udah ada dari jaman baheula,sejak tahun 70an.
Tapi,paz waktu itu,bahasa gaul cuma dipake ama preman-preman buat istilahnya sebagai "sandi" mereka buat berkomunikasi.Jadi waktu itu,ya cuma mereka-mereka yang ngerti.~~
But,karena semakin dipopulerkan oleh media n dari mulut ke mulut,bahasa gaul makin bervariasi n digunakan berbagai kalangan.Mulai dari anak kecil sampe orang tua,dari yang melarat sampe yang konglomerat,dari orang biasa sampe pejabat,kaya'a ngerti bahasa gaul ini.

Nah,disini gw mencoba buat menjelaskan "keragaman" bahasa gaul tersebut.
(setelah browsing-browsing n survey-survey bersama temen-temen.:p )
So,hargai jerih payah saya yang sampai titik darah penghabisan ini dengan membaca dan memberi komentar..
OKEH..!! ;) 

A. Bahasa Gaul Umum
Bahasa ini ga ad rumus pastinya.Tapi satu hal yang pasti,bahasa gaul jenis ini bersumber dari plesetan-plesetan bahasa kita sehari-hari atw ada yang istilahnya "bikin sendiri".
Langsung aja deh..;)


Ajib : enak;menunjukka kekaguman akan sesuatu
Alay : singkatan dari anak layangan;orang-orang yang bergaya norak/kampungan.
Asoy : hampir sama dengan ajib;menunjukkan kenyamanan akan sesuatu
Bencong : orang yang berkelakuan kaya lawan jenisnya.
Belah Duren : malam pertama (yang dibawah umur,dilarang ngerti.:p )
Bete/BT : boring total;menunjukkan kebosanan
Bispak : kepanjangan dari bisa dipakai;PSK
Bokap : (bukan bokep loh) bahasa gaul "resmi" buat ayah/bapak
Bokep : porno
Boker : buang air besar
Bokis : bohong
Bonyok : gabungan dari kata bokap n nyokap
Brondong : orang yang lebih muda;bronis=brondong manis.:p
Capcus : pergi atau cabut
Cemen : lemah;digunakan buat mengejek
Ciamik : bagus;hebat
Cileduk : cinta lewat dukun ( menginspirasi peribahasa "cinta ditolak,dukun bertindak)
Cingcay lah : lumayan
Cinlok : cinta lokasi;istilah tipi buat pemain/artis yang pacaran ama lawan mainnya.
Cumi : (terinspirasi dari iklan IM3).bisa kepanjangan dari berbagai hal,tergantung situasi.misal : cuma mirip,cuma minjem,cuma miss call
Cupu : sama kaya cemen;digunakan buat mengejek
Dokat : duit (ga tw bahasa darimana.:p )
EGP : Emang Gue Pikirin;masa bodoh
Ember : Emang Bener;Iya;Setuju (dipopulerkan oleh kaum banci sepertinya.~~)
Gaptek : gagap teknologi
Garing : ngga menarik;membosankan
Gazebo/gajebo/GJ : ngga jelas;menggambarkan kelakuan yang ga ada maknanya.~~
Gebetan : orang yang sedang didekati/PDKT
Giting : gila sinting;artinya sekarang bermutasi menjadi orang yang minum-minuman keras.:p
Gue/Gw/W/ : bahasa gaul resmi untuk "Aku" atau "Saya"
Ijo Lumut : Ikatan Jomblo Lucu-lucu n Imut-imut.
Imut : Item mutlak (jangan ke-geer-an kalo ada yang manggil kaya gini)
Jablay : PSK;sama kaya bispak
Jadul : Jaman dulu
Jaim : Jaga image;orang yang berusaha buat mnjaga perilakunya.
Jayus : ga lucu;hampir sama kaya garing
Jutek : sikap yang sombong
Kamsut : maksud
Kongkow : ngumpul
Kudet : kurang update
Kuper : kurang pergaulan
Lebay : berlebihan
Lelet : lambat
Lemot : lemah otak
Lenje : sikap yang lemah lembut(biasa dipake buat ngejek cowo yang kaya banci)
Lilo : lila loading (kelamaan mikir)
Lo/Lw/u/Loe : bahasa gaul resmi bwt kata "kamu"
Lonte : PSK
Meneketehe : mana saya tau?
Mokad : mati;meninggal
Narsiz : berkelakuan kaya yang paling ganteng/paling cantik sendiri.
Ngelonjor : ngelamun jorok
Nyokap : bahasa gaul resmi bwt kata "Ibu"
OL : online
PDA : plis dong ah.!
Pewe : posisi wenak..
Piktor : Pikiran Kotor
Prikitiw : dipake buat godain seseorang;dipopulerkan oleh Sule OVJ.
Rempong : Sibuk
Rolek : resiko orang jelek (tragis)
Romantis : rokok makan gratis (pengangguran)
Selon : tenang aja..
Semok : berasal dari bahasa jawa,artinya montok(mank'a ayam)
Skul/kul/ker : Sekolah
SMS : Suka Sama Suka
Sotoy : Sok tau
Spokat : Sepatu
Tajir : Kaya(banyak duit.Bukan kaya yang lain.)
Titi DJ : hati hati di jalan (bahasa gaul jadul kayanya)
Tomingse : tolong mingkem sedikit
Yoi : Iya;Oke;Setuju
Yoman : Iya;Oke;Setuju;terinspirasi dari bahasa reggae

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Blog Template by Delicious Design Studio