Pages

Senin, 11 November 2013

TIK Project 1


1.         Bagaimana cara mengirim email kepada banyak pihak bersamaan?

Langkah-langkah Cara Mengirim E-mail di Yahoo
·         Kunjungi Yahoo! Mail dan lakukan login.
·         Setelah masuk ke halaman Yahoo! Anda, silakan pilih “Tulis” pada posisi kiri atas
·         Selanjutnya, isi form yang tersedia.
* Kepada: (isi dengan alamat email si penerima)
* Cc : (kosongkan)
* Judul: (di kosongkan juga tidak apa2, tapi sebaiknya di isi untuk memudahkan si penerima mencari email Anda)
·         Pada kolom selanjutnya, Anda ketikkan isi e-mail.
Jika isi email sudah Anda ketik di dokument seperti 
Microsoft Word, maka Anda tinggal pilih “Lampirkan” (ada disebelah atas) atau “Lampirkan file dengan lebih mudah” (ada di posisi bawah)
·         JIka semuanya sudah OK, terakhir pilih “Kirim”
·         Selesai

Langkah-langkah Cara Mengirim E-mail di Google
·         Kunjungi Google Mail dan lakukan login
·         Pilih “Tulis Surat” yang ada di sebelah kiri (diatas kotak masuk)
·          
·         Selanjutnya, isi form yang tersedia
* Kepada: (isi dengan alamat email si penerima)
* Tambah Cc I Tambah Bcc (hiraukan saja)
* Judul Subjek: (di kosongkan juga tidak apa2, tapi sebaiknya di isi untuk memudahkan si penerima mencari email Anda)
·         Pada kolom selanjutnya, Anda ketikkan isi e-mail.
Jika isi email sudah Anda ketik di dokument seperti 
Microsoft Excel, maka Anda tinggal pilih “Lampirkan berkas” (ada dibawah Judul subjek)
·         JIka semuanya sudah OK, terakhir pilih “Kirim”
·         Selesai

Langkah-langkah Cara Mengirim E-mail Massal atau ke banyak orang

Untuk mengirim email secara massal atau dengan kata lain lebih dari 1 penerima, langkah-langkahnya adalah sama, baik itu kirim e-mail di Yahoo maupun Google. Anda hanya tinggal menambahkan alamat email penerima-penerima lain pada Form “CC”(untuk Yahoo) dan Form “Tambah Cc” (untuk Google).
Dan selanjutnya sama saja dengan langkah-langkah diatas.

2.    Apakah yang dimaksud dengan CC/BCC dan apa manfaatnya CC & BCC?

·           CC: Ini merupakan kependekan dari “Carbon Copy“. Ini mirip dengan istilah pertama diatas. Bedanya, kepada  siapa email utama ditujukan, dan kepada siapa salinan email juga akan dibaca. Penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama.
Contoh: Saya ingin berkirim email kepada Pak Adi, dan saya ingin pula Pak Yudi menerima salinan email tersebut. Pak Adi tahu bahwa email saya juga dikirimkan ke Pak Yudi (sebagai salinan), dan begitu juga sebaliknya dengan Pak Yudi.

·           BCC: Kependekan dari “blind carbon copy“. Sedikit berbeda dengan Cc: seperti dijelaskan diatas. Disini, semua penerima yang dituliskan dibagian Bcc: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima / seolah-olah private. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email Anda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom Bcc.

3.         Apakah manfaat/keunggulan format isi plain teks dan HTML?

Pada email html keunggulan utamanya terletak pada sisi grafis yang mampu ditampilkan. Seringkali seorang pengguna hanya mengirimkan sebuah email yang berisi gambar dan sedikit tulisan saja sehingga akan menghemat tempat. Gambar yang diberikan oleh pengguna ini cukup mewakili dari apa yang perlu dijelaskan kepada penerima email. Sedangkan email plain-text memiliki keunggulan dari formatnya yang begitu sederhana yang hanya menggunakan teks saja sehingga akan memudahkan untuk dikirim kepada orang lain karena filenya yang cenderung berukuran sangat kecil.
Contoh email html dan email plain-text ini bisa Anda lihat dibawah :

Gambar a) adalah email HTML dalam bentuk penuh atau full
Gambar b) adalah email HTML jika dilihat secara offline
Gambar c) adalah email Plain-Text
Terlihat bahwa email html memang memiliki daya tarik yang jauh lebih menarik dari pada email plain-text. Lalu selain dari penampilan apakah email html juga mampu mengungguli email plain-text? Silahkan Anda lihat perbandingan antara email html dan email plain text berikut ini :

1. Biaya Pembuatan

Biaya pembuatan email html akan jauh lebih banyak dari pada email plain-text. Biaya pembuatan ini bukan hanya dari uang yang dibutuhkan, tetapi juga dari segi waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya. Dalam hal ini email plain-text lebih unggul dari pada email html

2. Kecepatan pengiriman

Email html mengandung banyak media grafis karena itu tidak heran jika ukurannya membesar dan cukup berat ketika dikirim. Sebaliknya email plain-text hanya berisi teks saja yang tentunya berukuran sangat kecil sehingga sangat mudah, ringan dan cepat dalam pengirimannya.

3. Kualitas saat dibaca Offline

Ada kalanya Anda perlu untuk menyimpan email Anda di komputer untuk dibaca-baca kembali nanti saat ada waktu luang. Nah jika Anda menyimpan email html, rata-rata komponen gambar ataupun media lainnya akan hilang sehingga tentu saja ini akan mengganggu Anda saat membacanya. Pada email plain-text tidak ada bagian yang hilang karena hanya berisi kumpulan teks saja.

4. Email yang diterima

Email html ketika dikirimkan ke email lain sering kali komponen didalamnya diblok oleh layanan email penerima, sehingga sering kali email yang didapatkan tidak bisa penuh sesuai dengan keinginan pengirim. Sedangkan email plain-text tidak akan mendapatkan blok dari layanan email penerima sehingga email bisa langsung dibaca.

5. Isi

Dari segi sisi email html memiliki kombinasi yang bagus antara penjelasan dan juga gambar yang mendukung sehingga penerima email bisa mengerti maksud dari sang pengirim. Sedangkan email plain-text hanya berisi penjelasan secara tertulis sehingga harus menjelaskan secara panjang kepada penerima email agar mereka bisa mengerti.

6. Respon rate

Tidak bisa dipungkiri lagi, rata-rata email html selalu mendapatkan respon yang baik dari penerimanya. Sang penerima email kemungkinan besar akan membuka link berupa gambar yang diberikan. Sedangkan email plain-text mendapatkan respon yang biasa-biasa saja. Jika isi email Anda tidak menarik maka apa yang Anda berikan di email plain-text tersebut tidak akan dikunjungi

7. Branding

Jika Anda adalah sebuah perusahaan baik besar atau berupa freelancer, Anda pasti membutuhkan branding untuk membuat Anda lebih mudah diingat. Email html menyediakan fasilitas untuk branding ini naik berupa gambar ataupun animasi sehingga penerima email akan lebih mudah mengingat Anda lain kali. Sedangkan email plain-text tidak memiliki fasilitas lain selain tulisan teks saja, sehingga ini akan membuatnya sulit untuk diingat kembali oleh para penerima email.

Email html dan Email plain-text memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, jadi gunakanlah kedua fasilitas email ini sesuai dengan kebutuhan Anda agar bisa lebih maksimal dalam melakukan promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4.         Apakah manfaat dari Attachment/lampiran?
Attachment File dalam sebuah email yaitu untuk mengirimkan suatu file (baik berupa video,gambar,animasi dll) melalui email ke alamat email tujuannya, karena attachment file itu sendiri adalah perintah – perintah untuk mengirimkan suatu file melalui email.

5.         Apakah yang dimaksud dengan mailing list?
Mailing List adalah sebuah aplikasi pada internet dimana kita dapat membuat sebuah komunitas untuk saling berdiskusi dan bertukar informasi dengan tema tertentu, semisal mailing list yang berisikan para pecinta fotografi, atau mailing list yang berisikan komunitas yang mempunyai hobi otomotif. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Senin, 11 November 2013

TIK Project 1


1.         Bagaimana cara mengirim email kepada banyak pihak bersamaan?

Langkah-langkah Cara Mengirim E-mail di Yahoo
·         Kunjungi Yahoo! Mail dan lakukan login.
·         Setelah masuk ke halaman Yahoo! Anda, silakan pilih “Tulis” pada posisi kiri atas
·         Selanjutnya, isi form yang tersedia.
* Kepada: (isi dengan alamat email si penerima)
* Cc : (kosongkan)
* Judul: (di kosongkan juga tidak apa2, tapi sebaiknya di isi untuk memudahkan si penerima mencari email Anda)
·         Pada kolom selanjutnya, Anda ketikkan isi e-mail.
Jika isi email sudah Anda ketik di dokument seperti 
Microsoft Word, maka Anda tinggal pilih “Lampirkan” (ada disebelah atas) atau “Lampirkan file dengan lebih mudah” (ada di posisi bawah)
·         JIka semuanya sudah OK, terakhir pilih “Kirim”
·         Selesai

Langkah-langkah Cara Mengirim E-mail di Google
·         Kunjungi Google Mail dan lakukan login
·         Pilih “Tulis Surat” yang ada di sebelah kiri (diatas kotak masuk)
·          
·         Selanjutnya, isi form yang tersedia
* Kepada: (isi dengan alamat email si penerima)
* Tambah Cc I Tambah Bcc (hiraukan saja)
* Judul Subjek: (di kosongkan juga tidak apa2, tapi sebaiknya di isi untuk memudahkan si penerima mencari email Anda)
·         Pada kolom selanjutnya, Anda ketikkan isi e-mail.
Jika isi email sudah Anda ketik di dokument seperti 
Microsoft Excel, maka Anda tinggal pilih “Lampirkan berkas” (ada dibawah Judul subjek)
·         JIka semuanya sudah OK, terakhir pilih “Kirim”
·         Selesai

Langkah-langkah Cara Mengirim E-mail Massal atau ke banyak orang

Untuk mengirim email secara massal atau dengan kata lain lebih dari 1 penerima, langkah-langkahnya adalah sama, baik itu kirim e-mail di Yahoo maupun Google. Anda hanya tinggal menambahkan alamat email penerima-penerima lain pada Form “CC”(untuk Yahoo) dan Form “Tambah Cc” (untuk Google).
Dan selanjutnya sama saja dengan langkah-langkah diatas.

2.    Apakah yang dimaksud dengan CC/BCC dan apa manfaatnya CC & BCC?

·           CC: Ini merupakan kependekan dari “Carbon Copy“. Ini mirip dengan istilah pertama diatas. Bedanya, kepada  siapa email utama ditujukan, dan kepada siapa salinan email juga akan dibaca. Penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama.
Contoh: Saya ingin berkirim email kepada Pak Adi, dan saya ingin pula Pak Yudi menerima salinan email tersebut. Pak Adi tahu bahwa email saya juga dikirimkan ke Pak Yudi (sebagai salinan), dan begitu juga sebaliknya dengan Pak Yudi.

·           BCC: Kependekan dari “blind carbon copy“. Sedikit berbeda dengan Cc: seperti dijelaskan diatas. Disini, semua penerima yang dituliskan dibagian Bcc: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima / seolah-olah private. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email Anda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom Bcc.

3.         Apakah manfaat/keunggulan format isi plain teks dan HTML?

Pada email html keunggulan utamanya terletak pada sisi grafis yang mampu ditampilkan. Seringkali seorang pengguna hanya mengirimkan sebuah email yang berisi gambar dan sedikit tulisan saja sehingga akan menghemat tempat. Gambar yang diberikan oleh pengguna ini cukup mewakili dari apa yang perlu dijelaskan kepada penerima email. Sedangkan email plain-text memiliki keunggulan dari formatnya yang begitu sederhana yang hanya menggunakan teks saja sehingga akan memudahkan untuk dikirim kepada orang lain karena filenya yang cenderung berukuran sangat kecil.
Contoh email html dan email plain-text ini bisa Anda lihat dibawah :

Gambar a) adalah email HTML dalam bentuk penuh atau full
Gambar b) adalah email HTML jika dilihat secara offline
Gambar c) adalah email Plain-Text
Terlihat bahwa email html memang memiliki daya tarik yang jauh lebih menarik dari pada email plain-text. Lalu selain dari penampilan apakah email html juga mampu mengungguli email plain-text? Silahkan Anda lihat perbandingan antara email html dan email plain text berikut ini :

1. Biaya Pembuatan

Biaya pembuatan email html akan jauh lebih banyak dari pada email plain-text. Biaya pembuatan ini bukan hanya dari uang yang dibutuhkan, tetapi juga dari segi waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya. Dalam hal ini email plain-text lebih unggul dari pada email html

2. Kecepatan pengiriman

Email html mengandung banyak media grafis karena itu tidak heran jika ukurannya membesar dan cukup berat ketika dikirim. Sebaliknya email plain-text hanya berisi teks saja yang tentunya berukuran sangat kecil sehingga sangat mudah, ringan dan cepat dalam pengirimannya.

3. Kualitas saat dibaca Offline

Ada kalanya Anda perlu untuk menyimpan email Anda di komputer untuk dibaca-baca kembali nanti saat ada waktu luang. Nah jika Anda menyimpan email html, rata-rata komponen gambar ataupun media lainnya akan hilang sehingga tentu saja ini akan mengganggu Anda saat membacanya. Pada email plain-text tidak ada bagian yang hilang karena hanya berisi kumpulan teks saja.

4. Email yang diterima

Email html ketika dikirimkan ke email lain sering kali komponen didalamnya diblok oleh layanan email penerima, sehingga sering kali email yang didapatkan tidak bisa penuh sesuai dengan keinginan pengirim. Sedangkan email plain-text tidak akan mendapatkan blok dari layanan email penerima sehingga email bisa langsung dibaca.

5. Isi

Dari segi sisi email html memiliki kombinasi yang bagus antara penjelasan dan juga gambar yang mendukung sehingga penerima email bisa mengerti maksud dari sang pengirim. Sedangkan email plain-text hanya berisi penjelasan secara tertulis sehingga harus menjelaskan secara panjang kepada penerima email agar mereka bisa mengerti.

6. Respon rate

Tidak bisa dipungkiri lagi, rata-rata email html selalu mendapatkan respon yang baik dari penerimanya. Sang penerima email kemungkinan besar akan membuka link berupa gambar yang diberikan. Sedangkan email plain-text mendapatkan respon yang biasa-biasa saja. Jika isi email Anda tidak menarik maka apa yang Anda berikan di email plain-text tersebut tidak akan dikunjungi

7. Branding

Jika Anda adalah sebuah perusahaan baik besar atau berupa freelancer, Anda pasti membutuhkan branding untuk membuat Anda lebih mudah diingat. Email html menyediakan fasilitas untuk branding ini naik berupa gambar ataupun animasi sehingga penerima email akan lebih mudah mengingat Anda lain kali. Sedangkan email plain-text tidak memiliki fasilitas lain selain tulisan teks saja, sehingga ini akan membuatnya sulit untuk diingat kembali oleh para penerima email.

Email html dan Email plain-text memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, jadi gunakanlah kedua fasilitas email ini sesuai dengan kebutuhan Anda agar bisa lebih maksimal dalam melakukan promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4.         Apakah manfaat dari Attachment/lampiran?
Attachment File dalam sebuah email yaitu untuk mengirimkan suatu file (baik berupa video,gambar,animasi dll) melalui email ke alamat email tujuannya, karena attachment file itu sendiri adalah perintah – perintah untuk mengirimkan suatu file melalui email.

5.         Apakah yang dimaksud dengan mailing list?
Mailing List adalah sebuah aplikasi pada internet dimana kita dapat membuat sebuah komunitas untuk saling berdiskusi dan bertukar informasi dengan tema tertentu, semisal mailing list yang berisikan para pecinta fotografi, atau mailing list yang berisikan komunitas yang mempunyai hobi otomotif. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar